Jumat, 12 April 2013

one room living (programming)


DATA PENGGUNA


Nama                              : James
Usia                                : 25 tahun
Jenis kelamin                  : Laki - laki
Status perkawinan          : Single
Status ekonomi               : Menengah - atas
Karakter/sifat pengguna : Pendiam
Pekerjaan                        : Dokter
Hobby                            : Baca buku, photography
Interest                            :Warna : Coklat, hitam, putih
                                                    Ruangan Ideal: Minimalis ( simple & modern )





 One : satu atau tunggal

Room : tempat seseorang atau banyak orang untuk melakukan kegiatan
Living : tinggal, menetap

One room living : tempat tinggal (terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dsb) yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas.


Tujuan desain :

Perancangan one room living bisa dikatakan adalah hunian yang paling tepat bagi kaum muda yang produktif dan selalu bergerak cepat, karena tidak membutuhkan perawatan khusus karenya ruangannya tidak begitu luas. Kebutuhan akses yang cepat ke berbagai tempat pusat kegiatan pun menjadi alasan dipilihnya one room living ini.

Konsep desain:

Konsep yang digunakan dalam perancangan one room living ini adalah desain yang minimalis, sesuai dengan karakteristik pengguna ruangan itu. Konsep minimalis mewakili gaya hidup sekarang yang serba cepat, praktis, ringkas, efektif, dan efesien tetapi mengutamakan kualitas.


Furniture :
Furniture adalah benda yang diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ruangan yang besar dapat diisi dengan berbagai macam desain furniture. Penempatan furniture minimalis dapat memberikan efek kelegaan pada ruangan. Tetapi harus diperhatikan juga bila ruangan tersebut terlalu banyak ruang yang kosong, akan memberikan kesan ‘dingin’.

Warna :

Warna cat haruslah selaras dengan ide konsep minimalis. Secara konsep minimalis warna-warna yang digunakan tentulah seminimal mungkin, tidak saja dari segi jumlah warna yang digunakan -tetapi juga kekutan (tone) warna tersebut. Konsep desain ini menggunakan warna-warna yang besifat netral dan lembut seperti warna putih, hitam, atau warna-warna pastel untuk dinding/tembok atau elemen lainnya seperti plafon, kusen dll. Khusus untuk kusen yang terbuat dari bahan kayu, mungkin dapat digunakan cat politur atau vernis yang menonjolkan warna natural dari bahan kayu tersebut. Penggunaan banyak warna yang berlebihan tentunya akan membuat rumah terkesan riuh & ramai, sehigga ketenangan dari konsep minimalis tidak akan dapat dirasakan. Untuk perabot atau furniture memiliki warna yang selaras dan senada dengan warna tembok, lantai, dan plafon. Sehingga interior secara keseluruhan akan lebih terlihat dan terasa lebih harmonis.



Dinding :

Desain dinding pada one room living ini akan menggunakan wallpaper dengan konsep warna yang disesuaikan dengan zona ruang dan furniture.

Lantai:

Material lantai akan menggunakan keramik atau granit untuk semua tempat, kecuali untuk area toilet akan menggunakan material keramik yang berstektur kasar agar aman untuk dilewati.

Pencahayaan:

Pencahayaan pada one room living ini akan menggunakan general lighting, downlight. Pencahayaan pada ada siang hari dapat dibantu dengan menggunakan cahaya alami dari jendela.

Penghawaan:

Penghawaan pada one room living ini bisa didapat dari luar / alami, seperti dari jendela dan pintu. Ruangan ini akan menggunakan air conditioner (AC).












1 komentar:

  1. lengkapi programming dengan aktivitas penghuni, buat tabel kebutuhan fasilitas/ruang untuk mendukung aktivitas, persyaratan ruang, kebutuhan luas ruang, hubungan antar ruang, zoning, dst.

    BalasHapus